Judul : Adab Terhadap Orang Tua

Oleh : Ust. Abu Ayyub

Tanggal: 5 November 2018

Bismillah,

Syariat islam kedua setelah mentauhidkan Allah adalah berbuat baik kepada orang tua

Seperti firman Allah sebagai berikut :

(Al-‘Isrā’):23 – Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.

(Al-‘Isrā’):24 – Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”.

(Luqman:14) – Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

 

Seperti juga sabda Rasululullah sebagai berikut :
“Wahai Rasulullah, siapa yang paling berhak aku perlakukan dengan baik? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: ayahmu, lalu yang lebih dekat setelahnya dan setelahnya” (HR. Al Bukhari dalam Adabul Mufrad, sanadnya hasan).

Dari hadist tersebut menjelaskan bahwa ibu lebih diprioritaskan daripada Ayah. Oleh karena itu jangan sampai seorang suami mampu membahagiakan istri dan anak tetapi tidak dengan ibunya, karena di dalam hadist yang diprioritaskan adalah ibu dan selanjutnya ayah, tidak ada kata istri maupun anak.

Mendurhakai orang tua adalah salah satu dosa yang akan segera dibalas oleh Allah di dunia, intinya sesegera mungkin dibalas oleh Allah di dunia. Begitu juga sebaliknya, berbuat baik kepada orang tua adalah salah satu kebaikan yang sesegera mungkin akan dibalas oleh Allah.

Orang yang paling sukses di dunia adalah orang yang baik kepada orang tua karena berbuat baik itu suatu kebaikan yang akan dibalas oleh Allah sesegera mungkin.

Salah satu amalan yang dicintai oleh Allah adalah berbuat baik dan jihad (berjuang di jalan Allah) –> Berbuat baik kepada orang tua sudah termasuk jihad fisabilillah.

Untuk kaum muslimin yang orang tuanya sudah wafat. Apakah ada amalan yang bisa disebut atau dikategorikan sebagai amalan birrul walidain?
Ada.
Yaitu sebagai berikut :
1. Mendoakan kedua orang tua.
2. Memohonkan ampunan untuk kedua orang tua yang sudah wafat, agar Allah mengampuni.
3. Melaksanakan wasiat dari orang tua.
4. Menyambung silahturahmi dengan teman-teman dari orang tua kita.

 

Empat rincian penting mengenai adab kepada orang tua

  1.  Seorang anak disebut birrul walidain, jika taat kepada perintah-perintah dari orang tua selama perintah tersebut tidak bertentangan dengan syariat islam baik perintah tsb ringan atau berat dan dengan tujuan membahagiakan orang tua.
    Apabila orang tua menyuruh kita keluar dari islam misalnya, hendaknya kita tidak mengikutinya, namun tetaplah engkau bergaul dengan orang tua dengan cara yang baik.
  2. Dalam menghormati dan memuliakan orang tua yaitu dengan ucapan dan perlakuan kita terhadap orang tua. Jangan memanggil nama, jangan sampai suara kita lebih tinggi dari suara orang tua (termasuk apabila orang tuanya sedikit budek atau pikun) caranya tidak dengan teriak, melainkan ngomong di dekat orang tuadan kasih isyarat.
  3. Kemudian tidak boleh jalan dengan orang tua di depannya, akan lebih baik jika berjalan di belakangnya.
  4. Jangan mengalahkan orang tua dengan alasan memprioritaskan istri, maupun anaknya.

Tersedia juga dalam video di channel youtube kami :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *