KKN 3 : Jangan Ada Ragu Diantara Kita

Judul : Jangan Ada Ragu Diantara Kita

Oleh : Ust. Ahmad Alwanto

Tanggal : 12 April 2018

Bismillah

Hadits Arbain Ke-13

Jangan Ada Ragu Diantara Kita

Ada beberapa sikluskebai kan kaum muslimin, diantaranya :

1.    Berkata yang baik atau diam
2.    Meninggalkan perkara yang tidak bermanfaat
3.    Menjaga hati agar tidak marah / menahan amarah  marah itu diperbolehkan asal tidak berlebihan
4.    Mencintai saudaranya sebagaimana mencintai diri sendiri  tidak beriman salah seorang dari kalian sampai mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri (HR. Bukhari No 13)

Kemudian, bagaima  na caramerealisasi iman kita agar menjadi lebih sempurna?
1.    Segera mengingatkan saudaranya ketika saudaranya lupa/lalai
2.    Segera memaafkan apabila saudaranya berbuat kesalahan
3.    Mencintai kebaikan untuk saudaranya
4.    Memenuhi hak-hak saudaranya, sebagai seorang muslim ( menjawab salam, memenuhi undangan, mengurus jenazah, menjenguk tatkala saudaranya sedang sakit, menjawab dengan yarkhamukallah ketika ada yang bersin)

Untuk memenuhi hak-hak be rsaudara dan persahabatan, kita harus mengetahui apa saja hak tersebut, apa saja ya??

1.    Harta
Jangan sampai membuat saudaranya meminta-minta. berbagilah kepada sesama dan mendahulukan saudaranya dalam hal kebaikan.

2.    Lidah
Tidak menyebarkan aib orang lain, tidak boleh terlalu mencampuri / ingin tahu privasi orang lain, tidak mengungkapkan rahasianya, tidak mencela keluarganya dan orang-orang yang ada di dekatnya, tidak  menceritakan celaan orang lain  terhadap dirinya, dan barang siapa menutupi aurat saudaranya maka Allah akan menutupi auratnya di dunia dan akhirat.

3.    Saling mencintai karena Allah
4.    Memuji kebaikan orang lain
5.    Menyanjung keluarganya,  akhlaknya dengan tidak berlebih-lebihan agara tidak menimbulkan fitnah
6.    Mensyukuri kebaikannya
7.    Membela ketika dia tidak ada
8.    Memaafkan kekeliruannya
9.    Mendo’akannya
10.    Setia dan ikhlas
11.    Meringankan bebannya

Iman yang baik akan mendorong kita untuk mengharapkan kebaikan bagi orang lain.

Bisa juga lihat di channel Youtube kami :

jangan lupa di like dan subcribe ya… :”))

.
.

#JanganAdaRaguDiantaraKita
#KKNKMT
#KMT1439H
#BersamaMenujuKeshalihanPribadiDanSosial
.
.
.
Stay tune with us :
Laman resmi : kmt.ft.ugm.ac.id
Line : ixi0102z
Instagram : @kmt_ugm
Facebook : KMT FT UGM
Youtube : KMT FT UGM

SEKOLAH ZAKAT #1 [Rukun Islam yang Belum di”rukun”kan]

Judul : Zakat, Rukun Islam yang belum di”rukun”kan

Oleh : Prof.Dr.H.Muhammad,M.Ag

Tanggal, 9 April 2018

Bismillah,

Zakat merupakan salah satu rukun Islam. Akan tetapi, rukun Islam ini yang sering diabaikan Zakat merupakan salah satu rukun Islam. Akan tetapi, rukun Islam ini yang sering diabaikan

Dalam pelaksanaannya, 2.5 % dari harta kita seharusnya digunakan untuk zakat sebagai bentuksyukur kita kepada Allah SWT.

Bentuk Syukur terdapat 3 tingkatan :
1. Melafalkan hamdalah
Alhamdulillahirrabbil’alamin.
Orang yang walaupun mendapatkan mendapatkan sedikit rizki dan membaca hamdalah maka raut wajahnya tetap ceria.

2. Sujud syukur

3. Mengambil sebagian nikmat yang diterima untuk diberikan / diinfaqkan.

Jika kita seorang mahasiswa belum bisa membayar zakat sendiri, apa yang dapat kita lakukan?

Kita bisa berinfaq atau bersedekah, uang bulanan yang kita dapat dari kiriman orang tua, bisa disisihkan sedikit untuk berinfaq, tidak apa apa sedikit asalkan selalu istiqamah.

Karena instrument yang bisa mengantarkan kita sukses dunia dan akhirat : zakat, infaq, sedekah.

Pembagian pengeluaran uang :
1. Menyisihkan uang untuk zakat
atau infaq.
2. Bayar kewajiban , misalkan utang .
3. Investasi masa depan
4. Makan

Mengapa makan tidak menjadi urutan pertama? Jika makan menjadi urutan pertama , maka ketiga selain makan akan terbengkalai, makan itu termasuk nafsu, jika nafsu dituruti terus tidak akan ada habisnya.

Kemudian, apa hukuman bagi orang yang menolak untuk membayar zakat?

Dalam Q.S At-taubah ayat 34-35
“ Wahai orang-orang yang beriman ! Sesunggguhnya banyak dari orang orang alim dan rahib rahib mereka benar benar memakan harta orang dengan jalan yang batil, dan (mereka) menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menginfaqkannya di jalan Allah, maka berikanlah kabar gembira kepada mereka , (bahwa mereka akan mendapatkan ) azab yang pedih (Ingatlah) pada hari ketika emas dan perak dipanaskan dalam Neraka Jahanam, lalu dengan itu disetrika dahi, lambung, dan punggung mereka (seraya dikatakan) kepada mereka , “inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah( akibat dari) apa yang kamu simpan itu.”

Siapa yang berbagi , maka akan dilimpahkan hartanya Siapa yang pandai bersyukur , akan ditambah nikmat-Nya.

Bisa juga lihat di channel Youtube kami :

jangan lupa di like dan subcribe ya… :”))

.
.

#SekolahZakat
#KMT1439H
#BersamaMenujuKeshalihanPribadiDanSosial
.
.
.
Stay tune with us :
Laman resmi : kmt.ft.ugm.ac.id
Line : ixi0102z
Instagram : @kmt_ugm
Facebook : KMT FT UGM
Youtube : KMT FT UGM

KKN 1 : Ya Allah Aku Sudah Tidak Mampu…

Judul : Ya Allah Aku Sudah Tidak Mampu…

Oleh : Ust. Ahmad Alwanto

Tanggal : 15 Maret 2018

Bismillah,

Dalam Islam ada yang namanya perintah dan larangan dari Allah, dimana perintah dari-Nya harus kita laksanakan semaksimalnya dan dengan penuh mengharap ridho-Nya, sedangkan larangan-Nya harus kita jauhi. Islam sendiri membagi larangan Allah menjadi 2 yaitu  Haram dan Makhruh,

Larangan yang bersifat haram dalilnya jelas. Setan selalu mempengaruhi manusia agar terjerumus dalam larangan itu. Namun, manusia yang beriman akan berusaha menghindari larangan tersebut. Beberapa contoh dari larangan yang bersifat haram antara lain zina, khamr, riba, dan mencuri.

Larangan yang bersifat makruh dalilnya tidak menyatakan keharaman secara jelas, namun menuntun untuk kehati-hatian. Salah satu larangan yang bersifat makruh adalah memakan bawang mentah sebelum sholat. Hal ini boleh, namun baunya dapat mengganggu orang lain.

Keadaan terpaksa bisa menjadi sebab dibolehkannya larangan. Allah berfirman pada QS Al-Baqarah ayat 173 yang artinya :

 “Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Adapun contoh kasusnya :

  • Jika dalam peperangan/menjadi tawanan, lalu disodorkan daging babi, dan saat itu dalam keadaan belum makan berhari-hari, maka dibolehkan memakannya. Namun jika ada pilihan lain yang lebih baik (halal) maka itu bukan termasuk terpaksa.
  • Memperlihatkan aurat pada saat diperiksa oleh dokter.
  • Tidak diterapkannya qishos.

 

Komitmen dalam perintah

Mematuhi aturan juga perintah Allah baik yang bersifat wajib (dalilnya jelas) misal sholat, puasa, zakat. Maupun yang bersifat sunnah misal sholat malam dan sholat dhuha.

Kesukaran akan mendatangkan kemudahan. Dalam QS Al-Insyiroh ayat 5-6 Allah SWT menyebutkan bahwa

sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.”

Walaupun begitu sebuah kemudahan dalam kesulitanpun memiliki batasan-batasannya antara lain :

  • Kesulitan yang menyertai pelaksanaan kewajiban.
  • Kesulitan yang bukan merupakan karakter dari kewajiban.

Allah SWT berfirman pada QS Al-Baqarah ayat 286 yang artinya

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya…”

Untuk itu, bagian kewajiban yang mudah tidak boleh ditinggalkan. Menjauhi larangan harus senantiasa dilakukan karena itu mengikis kerusakan. Apabila kita mampu menjauhi larangan Allah, maka Allah akan memuliakan kita.

Mencegah kerusakan lebih diutamakan daripada mendapatkan manfaat.

Penyebab hancurnya umat terdahulu adalah karena banyak bertanya sehingga menyebabkan perselisihan.

bisa juga nih lihat rekaman kajiannya di Channel Youtube kami :

jangan lupa di like dan subcribe ya… :”))

.
.
#MelaksanakanSesuaiKemampuan
#KKNKMT
#KMT1439H
#BersamaMenujuKeshalihanPribadiDanSosial
.
.
.
Stay tune with us :
Laman resmi : kmt.ft.ugm.ac.id
Line : ixi0102z
Instagram : @kmt_ugm
Facebook : KMT FT UGM
Youtube : KMT FT UGM

5 ALASAN MENGAPA KAMU HARUS TETAP SEMANGAT BESOK SENIN (versi KMT)

5 ALASAN MENGAPA KAMU HARUS TETAP SEMANGAT BESOK SENIN
(versi KMT)


Senin biasanya dianggap jadi hari paling malesin sedunia, apalagi kalau habis libur panjang. Padahal ada 5 alasan yang seharusnya bisa membuat kita semangat lagi buat kuliah besok. Apa aja tuh? Silakan lihat alasan-alasan di bawah ya…, alasan terakhir Bikin kamu tercengang!

1. Bertemu Teman

Ketika kembali ke kampus, kita bakal bertemu kembali dengan teman-teman kita. Biasanya kalau bersama-sama, kita akan lebih bersemangat untuk melakukan hal positif dan mengingatkan satu sama lain dalam kebaikan. Lebih lagi kalau kamu bawa oleh-oleh buat dinikmati bersama, hehe …

2. Berbagi Kebahagiaan dengan Orang Lain

Selain itu, kita bakal bertemu lagi dengan orang-orang lainnya yang biasa kita temui di dunia perkuliahan; seperti dosen, ibu kost, mamang burjo, tukang ojek, Mbah Djiman, dan lain-lain.

Amalan paling mudah yang bisa kamu lakukan terhadap mereka adalah 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun). Meskipun sepele, siapa tahu kalau ternyata sikap baikmu membuat hari mereka lebih berwarna?

3. Berbakti Kepada Orang Tua

Kalau alasan kita nggak mau balik dari rumah karena ingin berbakti kepada orang tua, maka alasan itu kurang tepat. Bukannya dengan menuntut ilmu juga membuat orang tua bahagia? Pahalanya sama-sama besar, loh…

4. Masuk Kuliah = Jalan Menuju Surga

Selama niatnya benar, Insya Allah menuntut ilmu akan menuntun kita ke surga.
Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim, no,2699)

5. Puasa Senin
Bagi sebagian orang, Puasa Senin di Jogja itu berarti banyak kesempatan. Dimana lagi bisa beramal sekaligus dapat gratis makanan di kajian terdekat atau P***su? Hehe…

Namun, tetap jadikan ridho Allah sebagai tujuan pertama kita.

.
.
.
#SemangatSenin
#SiyarIslam
#KMTX11
#BersamaMenujuKeshalihanPribadidanSosial
.
.
.
Stay tune with us :

Laman resmi : kmt.ft.ugm.ac.id
Line : ixi0102z
Instagram : @kmt_ugm
Facebook : KMT FT UGM
Youtube : KMT FT UGM

Asiknya ke Desbin KMT #1- Minggu, 25 Februari 2018

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bagaimana keadaan saudara?

Semoga dalam keadaan baik baik saja .

Dalam tulisan kali ini , kami akan menjelaskan tentang desa binaan KMT.

KMT punya desa binaan juga ? so pasti.

Bukannya KMT merupakan LDF( lembaga dakwah kampus) berarti syiar dakwah nya hanya berkisaran di fakultas saja dong?

Oh jelas tidak, KMT tidak hanyak berfokus di kampus saja , dakwah KMT juga untuk ke masyarakat ( di luar kampus ). Salah satu wujud dari syiar dakwah di luar kampus ini dibentuklah program kerja desa binaan. Untuk syiar ke luar kampus ini dihandle oleh BSO Madani.

Desaan binaan KMT ini berada di dusun Munggang Wetan, desa. Sidoharjo, kec. Samigaluh, kab. Kulonprogo.  Kegiatan yang dilakukan di desa binaan adalah mengajar di SD Muhammadiyah Munggang Wetan. untuk kelas 1,2,3,4,5 akan mendapatkan materi yang sama sedangkan kelas 6 diberi materi yang akan di UN kan. Tujuan dari mengajar ini adalah menanamkan akhlak akhlak islam kepada adik adik sejak dini.

Pada kepengurusan KMT X11, desa binaan pertama dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2018. Kami memberi materi dengan tema berbakti kepada orang tua dengan cara menceritakan kisah Uwais Al-Qarni dan Kilab bin Umayyah. Uwais adalah seorang pemuda Yaman yang sangat saying kepada ibunya,pada musim haji dengan tubuh dan kekuatannya sendiri , dia mengendong ibunya tersebut dari yaman sampai mekkah. Sedangkan , Kilab adalah seorang pemuda yang sangat saying kepada kedua orang tuanya, setiap hari dia menyuapi kedua orang tua nya yang tidak bisa melihat. Pada suatu hari, Kilab diajak oleh dua orang pemuda untuk berperang membantu Rasulullah. Tetapi, ayah beliau meminta kepada Umar bin Khatab untuk memulangkan Kilab. Dengan patuh, Kilab kembali lagi kepada kedua orang tuanya dan tidak pernah meninggalkan mereka sampai mereka menemui ajalnya.

Disela –sela materi kami memberikan game game ringan kepada adik adiknya , agar nanti tidak bosan. Banyak keseruan yang kami lakukan bersama adik adiknya. Yang salah dalam permainan akan dihukum di depan , dengan hukuman bernyanyi.

Di akhir acara kita meminta perwakilan dari adik adik menjelaskan tentang cerita yang di dongengkan tadi . ada 2 perwakilan dari adik adik laki laki dan 2 perwakilan dari adik adik perempuan. mereka mendapatkan hadiah atas keberaniannya untuk berbicara di depan.

Setelah itu, kita bersama adik adik jalan jalan ke curug perawan. Di dusun munggang wetan mempunyai wisata alam curug salah satunya adalah curug perawan. Inilah hal yang menarik dari desa binaan KMT, jalan – jalan ke curug. Tetapi, curug ini tidak mengubah tujuan utama untuk ke desa binaan. Jalan – jalan ke curug membuat hubungan yang lebih dekat dengan adik adiknya.

 

Untuk liat keseruannya yuk intip video berikut ini :

jangan lupa dilike dan subscribe ya… :”))

.
.
.
#DesbinAsyik
#BSOMadani
#KMTX11
#BersamaMenujuKeshalihanPribadidanSosial
.
.
.
Stay tune with us :

Laman resmi : kmt.ft.ugm.ac.id
Line : ixi0102z
Instagram : @kmt_ugm
Facebook : KMT FT UGM
Youtube : KMT FT UGM