Judul : Yang Pasti Terjadi Namun Sering Terlupa

Oleh : Ust. dr. Agung Panji

Tanggal 7 Mei 2018

Bismillah,

 

Yang Pasti Terjadi, Namun Sering Terlupakan. Apakah itu? KEMATIAN. Kematian adalah perkara yang pasti akan terjadi.

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.” (Surat Ali ‘Imran ayat 185)

Ketika ajal telah menjemput maka; kesempatan hidup selesai dan rezekinya sudah dipenuhi. Kematian tidak datang menjemput sampai rezeki sempurna diberikan.

Ada orang yang diberi kesehatan dan umur panjang, ketika ada orang yang demikian biasanya kita merasa termotivasi untuk memperoleh umur panjang agar lama di dunia. Namun pertanyaan nya adalah apakah nasib hidup kita akan sama dengan orang tersebut? Padahal orang yang demikian tersebut sangatlah sedikit jumlahnya.

Bekal yang paling bagus, terbaik, dan mampu menolong kita ketika hari kiamat adalah bekal untuk di akhirat / ketaqwaan. Orang yang pintar itu orang yang sering mengingat kematian, karena dengan mengingat kematian orang tsb akan mempersiapkan untuk hal-hal yang penting, mempersiapkan bekal yang bisa dibawa ke akhirat.

Terdapat 2 poin penting yang dapat kita ketahui dari kematian yaitu :

  • Kematian itu memperpendek angan-angan atau cita-cita manusia -> Keinginan-keinginan yang ada di dunia itu bersifat ghaib, belum ada kepastian untuk dapat memperolehnya, oleh karena itu janganlah bercita-cita di dunia terlalu tinggi hingga menjadikan cita-cita atau keinginan tersebut sebagai tujuan hidup.

“…. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (Surat Luqman ayat 34)

  • Harta yang banyak nanti akan diwariskan, kedudukan yang tinggi nanti akan digantikan -> semua tentang dunia akan kita tinggalkan ketika ajal menjemput kita.

5 Perkara Sebelum 5 Perkara Lainnya :

  1. Sehat sebelum sakit
  2. Kaya sebelum miskin
  3. Lapang sebelum sempit
  4. Muda sebelum tua
  5. Hidup sebelum mati

“(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata: “Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampal hari mereka dibangkitkan.” (Surat Al-Mu’minun ayat 99-100)

Untuk itu, hendaknya kita selalu mengingat akan datangnya kematian dengan cara :

  1. Ziarah kubur
  2. Dekat pada Allah SWT
  3. Rajin ibadah

“Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?” Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila telah datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengenal apa yang kamu kerjakan.” ( Surat Al-Munafiqun ayat 10-11)

Bisa juga lihat rekaman video di:

 

jangan lupa di like dan subcribe ya… :”))

.
.
.
#YangPastiTerjadiNamunSeringTerlupa
#MISSKMT
#KMT1439H
#BersamaMenujuKeshalihanPribadiDanSosial
.
.
.
Stay tune with us :
Laman resmi : kmt.ft.ugm.ac.id
Line : ixi0102z
Instagram : @kmt_ugm
Facebook : KMT FT UGM
Youtube : KMT FT UGM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *